Sabtu, 30 April 2011

Apa Itu Fotografi??

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “Fos” : Cahaya dan “Grafo” : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya.
Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya.

Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).

Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan merubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (exposure).

Di era fotografi digital dimana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.

Minggu, 24 April 2011

Campus Entrepreneur

Sebagai Kampus yang berbasis kewirausahaan (entrepreneur), UNISBANK selalu berusaha membentuk mental para mahasiswa untuk memiliki jiwa wirausaha. Selain memberlakukan hari sabtu sebagai entrepreneur day, juga diagendakan kuliah umum yang dimaksudkan sebagai sarana transfer pengetahuan

dan pengalaman dibidang entrepreneur antara pakar dan praktisi dunia usaha dengan mahasiswa Unisbank. Dalam kuliah umum yang digelar di kampus mugas unisbank (18/2), hadir Anis Nugroho Widharto, SE pemilik Lintas Group yang sudi berbagi pengalaman dan kiat kiat usaha yang ditekuninya sejak tahun 2000.
Dengan bermodal satu motor dan niat yang kuat, Anis menjalani usaha dibidang jasa layanan pengiriman barang. Dalam ceramahnya, Anis menuturkan bahwa sebagai pengusaha perlu memikirkan hal hal kecil berkaitan dengan keuangan selain itu juga diperlukan pemikiran yang positif jika mendapat kendala selama proses usaha yang dijalani. Pada akhir acara Anis berpesan kepada mahasiswa jika ingin menjadi pengusaha harus tahan uji dan memiliki percaya diri yang kuat untuk sukses. Acara dilanjutkan dengan pembicara kedua, Widi Sukardi pemilik Pondok Makanan Mie Lampung yang juga memberikan kisah sukses dan kiat kiat usahanya kepada mahasiswa entrepreneur.

Sabtu, 23 April 2011

Trofy Copa Del Rey, Hancur Terlindas Bus

Insiden memalukan terjadi saat pemain Real Madrid dan trofi Copa del Rey diarak di depan ribuan fans Madrid. Bek Madrid Sergio Ramos tanpa sengaja menjatuhkan Piala Raja yang membuat benda keramat itu hancur.


Lebih dari 150 ribu Madridista memadati Plaza de Cibeles, simbol megah Kota Madrid, untuk menyambut pahlawan-pahlawan mereka membawa trofi Copa del Rey. Namun sebuah insiden mewarnai pesta kemenangan Madrid atas Barcelona.

Dalam arak-arakan bus terbuka, Ramos tanpa sengaja menjatuhkan trofi. Dalam tayangan ulang, Ramos yang berusaha menurunkan trofi dari kepalanya secara tak sengaja tersenggol tangan Marcello yang juga antusias merayakan kemenangan.

Piala Raja yang jatuh tepat di depan bus langsung digilas tanpa ampun. Bus langsung berhenti setelah Madrista berkerumun untuk melihat trofi yang telah hancur karena tergilas ban depan bus yang mengangkut pemain-pemain Madrid. Insiden ini terjadi pukul 4 pagi waktu setempat.

Namun insiden itu tak menyurutkan pesta Madridista di Plaza de Cibeles. Pemain-pemain Madrid tetap merayakan kemenangan tanpa memegang trofi megah itu. Madrid menang setelah gol semata wayang Cristiano Ronaldo dilesakkan pada menit ke-103.

Jumat, 22 April 2011

Berbagai macam cara siswa mencontek saat ujian

Nilai kejujuran dalam ujian seperti ujian nasional sangat di pertanyakan , maraknya sms bocoran yang bergentayangan entah dari mana asalnya mungkin sangat menggiurkan bagi siswa yang akan mengikuti ujian, tentunnya bagi para pelajar yang percaya dengan isi jawaban itu tetapi ada juga yang tidak percaya dengan sms itu yang mungkin bisa jadi bom bunuh diri bagi yang mempercayainya, kenapa??


Karena sms semacam itu sangat marak saat-saat mendekati ujian nasional, seperti saya dulu waktu UAN ada seorang teman yang mempercayai sms bocoran tetapi pada akhirnya dia tidak lulus juga..
Berbagai macam cara dilakukan para siswa untuk mencontek,dan berikut ini merupakan pengalaman ku bersekolah selama 17 tahun mohon tidak untuk ditiru tetapi bisa diterapkan heheheh. . .
1. Menyimpan Hp didalam dusgrip
2. Melihat contekan sms bocoran jawaban yg diterima sebelumnya
3. Menyalin bocoran ke secarik kertas
4. Menulis jawaban di lengan yang tertutup pakaian
5. Menggunakan headset dengan pura-pura memakai kerudung
6. Menulis jawaban di paha yang tertutup rok ‘’wooow” , khusus bagi perempuan
7. Melekatkan Handphon di bagian kaki yang tertutup celana dengan perekat
8. Menulis contekan di balik papan yang digunakan untuk dasar lembar jawab
9. Menulis contekan di balik kartu ujian , biasanya pengawas kurang memperhatikan
10. Dan tentunya yang paling efektif dari mulut ke mulut serta dari secarik kertas yang bisa terbang kemana-mana
Dari itu semua kadang ada pengawas yang memperbolehkan mencontek, tentunya pengawas yang baek hati namun ada juga pengawas yang killer, tetapi dari semua itu semua timbul kerjasama yang baik dari para pelajar yang mungkin jika sebelum ujian jarang timbul kerjasama bahkan kadang saling bermusuhan. . . .
Itu merupakan sebagian cara saja yang saya tahu, mungkin anda-anda lah yang lebih tahu dan professional, silahkan tinggalkan komentar anda para master semua nya dengan cara apa anda mencontek??????

Bintang Porno jepang, bergantian maen film di indonesia

Woooww semakin banyak saja artis – artis luar negeri yang berseliweran di layar lebar Indonesia tentunya artis-artis dari film biru terkenal. Dimulai dari Rin Sakuragi, Maria Ozawa alias Miyabi, Tera Patrick dan kini giliran sora aoi dan sasha grey yang segera menyusul. . . .


Sora Aoi merupakan bintang porno terkenal jepang sedangkan sasha bintang porno dari Amerika serikat sola akan bermain di film suster keramas 2 yang sebelumnya di bintangi bintang porno dari jepang juga yaitu Rin Sakuragi produksi Maxima Pictures. Sola yang memulai sebagai nude model di umur 18 th akan bermain di film bergenre horror. Dia mengungkapkan sagat senag bermain film di luar negeri kemarin tgl 20 sola menghadiri acara konfeerensi pers dalam rangka mempromosikan filmnya.
Di film suster keramas 2 adegan sola memang tidak terlalu vulgar, memang ada adegan yang kancingnya terbuka tetapi tentunya berbeda dengan film sola yang ada di jepang heheh”…
Selain sola , sasha grey bakal dating pada tanggal 28 april mendatang, dia akan bermain film berjudul “ Pocong Mandi Goyang Pinggul” dari judulnya saja membuat kita penasaran, tapi kenapa ya yang di pakai kok bintang porno semua , apakah film di Indonesia tidak menjual kualitas ???? Okelahhh kita tunggu film nya tertarikkah anda untuk menontonn?????

Harga Terbaru Ponsel Pintar Android

Ponsel pintar dengan operating system (OS) Android tampaknya kian dicari, tren itu tampak pada banyaknya calon konsumen yang ingin mengethaui harga ponsel pintar Android. Calon konsumen masih didominasi kalangan entry level, berikut merupakan daftar harga ponsel Android april 2011

           

     KISARAN HARGA ANDROID VENDOR GLOBAL DI PASARAN



SIR Alex Ferguson, Diktator di Lapangan Yang Ternyata Suami Takut Istri

Sir Alex Ferguson memang sangat berkuasa di Manchester United dia menerapkan kepemimpinan yang keras dan otoriter kepada anak asuhnya, namun kondisinya bertolak belakang saat berada di rumah, dia tak segarang di klub bahkan bisa di bilang suami takut istri alias “susis”

Ferguson mengungkapkan , dirinya tidak boleh menyimpan medali yang di raihnya dari hasil jerih payahnya selama 25 tahun lebih di rumahnya karena dilarang oleh sang istri, Cathy. . .
Medali yang dikoleksi tidak sedikit , selama melatih MU selama 25 tahun fergi mendapatkan 35 medali dari berbagai ajang , yang paling banyak di premier league (11) dan comuniti shield(9) belum termasuk penghargaan individu dan ketika melatihh di skotlandia.
Namun respon sang istri ternyata tidak sesuai harapan, bahkan tidak ada satupun memorabilia karir ferguson dirumahnya, ferguson pun bahkan tidak boleh membawa buku sepakbola kerumahnya, karena sang istri berkata ‘’apa lagi yang akan kamu lakukan’’ dasar istri yang aneh..
Tetapi saya tetap salut kepada dia, ferguson merupakan pelatih tersukses sepanjang sejarah den dengan pengabdiannya selama 25 tahun tak aka nada yang bisa menandinginya, salam The Red Devilss..

E6 dan X7, Varian baru Nokia

CEO Nokia Stephen Elop merasa sistem operasi symbian tidak kuat lagi utuk dipertahankan , toh Nokia tetap meluncurkan dua smartphone anyar plus dengan Os Symbian. Dua smarthphone itu adalah Nokia E6 dan X7, yang masing-masing dibanderol dengan harga USD 491,6 dan USD380. Upaya tersebut memenuhi ambisi nokia untuk bangkit di pasar ponsel yang akhir-akhir ini penjualannya semakin menurun karena kalah bersaing dengan handphone tenaga Android.
Nokia X7 merupakan ponsel layar sentuh AMOLED dan tekhnologi full touchscreen capasitive. . .

(layar nya bisa dioperasikan dengan sentuhan lembut jari) dan jangan takut terores karena sudah dilindngi dengan gorilla glass yang terkenal dengan layar anti gores.
X7 juga dilengkapi dengan sensor akselerometer untuk auto rotasi user interface ponsel . proximiti sensor padaX7 berufngsi sebagai turn off otomatis.kualitas batere ponsel yang mensuport HSDPA dilaim awet selama 450 jam saat jaringan berada di jaringan 2G atau 3G.
Sedangkan E6 di desain hybrid dengan layar sentuh kapasitiv dilengkapi qwerty dengan suport tekhnologi multitouch, sensor aksellometer dan proximiti sensor, kekuatan batere di kaim 680 jam pada jaringan 2G dan 744 jam pada jaringan 3G, kamera E6 sudah dilengkapi dengan fasilitas geo-tagging dan pendeteksi wajah, , , , , , tertarikkah anda untuk membelinya, tentunya lihat dulu isi dompetnya heheheheheh????????

Dua Ponsel Beda Karakter (jaz one dan Spin One )

SPC Mobile mengklaim model terbaru jaz one dan Spin One sebagai ponsel Qwerty dengan fitur paling lengkap dikelasnya. Selain sudah menggunakan tombol menu utama berdesain D-Pad, keduanya sama-sama dibekali dengan fitur tv tuner dan klebihannya masing-masing

Fasilitas online, seperti link shortcut ke facebook, serta aplikasi chatting lainnya.bearer data untuk browsing di dukung fasilitas GPRS dan java.
Bagi anda yang mengaku muda cocok untuk menggunakan Jazz One yang mengutamakan style dan hadir dengan dua warna pilihan dengan desain menarik hitam emas dan biru silver, casingnya terbuat dari material premium.
Dan bagi anda yang tidak mau repot mungkin yang satu ini cocok sekali untuk anda Spine One ponsel yang memiliki lebih dari satu nomor ponsel bersamaan yang aktif. Dengan memilki 3 slot(GSM+GSM+CDMA) adanya qualcome 1100 yang menjamin Hemat energy.

Pengukuran Beban Mental Pada Interaksi Manusia Dan Komputer

Interaksi manusia – komputer merupakan suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan schari-hari. Seringkali pada saat beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu tertentu muncul keluhan dari pengguna komputer yang disebabkan oleh beban kerja yang dialami pengguna. Beban kerja yang dialami oleh pengguna komputer berupa beban kerja fisik dan mental.1.

Interaksi manusia – komputer merupakan suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan schari-hari. Seringkali pada saat beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu tertentu muncul keluhan dari pengguna komputer yang disebabkan oleh beban kerja yang dialami pengguna. Beban kerja yang dialami oleh pengguna komputer berupa beban kerja fisik dan mental. Munculnya beban kerja ini terutama dapat terlihat pada kecenderungan penurunan performansi kerja pengguna komputer setelah jangka waktu tertentu. Dalam tesis ini, penelitian lebih difokuskan pada beban mental pada interaksi manusia-komputer.


Untuk mengantisipasi dan mencari solusi dari munculnya beban mental ini, maka perlu dibentuk suatu model yang dapat menjelaskan terjadinya beban mental pada interaksi manusia – komputer. Berdasarkan studi literatur, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya beban mental dan akhirnya membangun model yang dimaksud tersebut di atas adalah :
- kebutuhan mental
- kelelahan fisik
- kebosanan
- tingkat kesulitan kerja
- lingkungan fisik kerja
- kebutuhan waktu

Untuk memvalidasikan faktor-faktor tei z;ebut, maka disebarkan kuesioner kepada pengguna komputer untuk mencari kesepakatan responden mengenai faktor-faktor tersebut di atas. Reponden yang dipilih adalah mahasiswa, karma mahasiswa merupakan satu populasi pengguna komputer dengan frekuensi penggunaan komputer yang cukup tinggi.
Berdasarkan model yang terbentuk, dengan menggunakan eksperimen Stroop, dikembangkan suatu metode yang dapat mengkuantifikasikan besarnya beban mental yang dialami oleh pengguna komputer. Responden )ang diminta untuk melakukan eksperimen Stroop dipilih berdasarkan pengalaman menggunakan komputer dan kriteria buta warna, serta kapasitas VO2 maks. Setelah mengerjakan eksperimen Stroop, mereka diminta untuk memberikan bobot dan nilai untuk setiap faktor yang ada pada model. Respon yang diberikan oleh responden divalidasikan dengan beberapa kriteria fisiologis yaitu rata-rata denyut nadi, performansi kerja, dan konversi denyut nadi dalam konsumsi energi. Uji statistik memberikan hasil bahwa besarnya beban mental yang direspon oleh responden memiliki korelasi tinggi dengan konsumsi energi. Metode yang akhirnya terbentuk terbukti dapat mengkuantifikasikan besarnya beban mental pada 2 desain eksperimen Stroc?n yang berbeda (Stroop 1 dan 2) dengan tingkat kepentingan faktor yang berbeda sesuai dengan kondisi kerja, serta memberikan basil yang reievan dengan besarnya konsumsi energi responden.

2. MAN ’n MOUSE


Mouse tentu menjadi satu perangkat yang memudahkan para pengguna komputer saat bekerja. Dengan alat hasil temuan Douglas Engelbart pada tahun 1963 ini — dan awalnya diberi nama bug, maka orang akan lebih leluasa menjelajah setiap sudut monitor.
Namun dengan semakin dekatnya hubungan manusia dan komputer dalam berbagai aspek kehidupan, penggunaan mouse sendiri bisa menimbulkan rasa sakit, terutama pada bagian lengan. Hal ini didasarkan pada beberapa studi yang dilakukan, misalnya oleh Dr. Chris Jensen dan rekannya dari The National Institute of Occupational Health, Kopenhagen, yang menemukan bahwa mereka yang menggunakan komputer selama 3-4 jam dengan lebih dari 100 klik akan mengalami risiko paling tinggi atas sejumlah masalah di tangan atau pergelangan.

Meski dalam riset itu jenis mouse dalam hubungannya dengan rasa sakit tidak ikut diteliti, akan tetapi sikap, perlakuan orang pada mouse, dan posisi duduk yang baik menjadi hal yang sejak dulu dinilai dapat mencegah timbulnya rasa sakit tadi. Untuk itu, bagi yang sering berinteraksi dengan perangkat tersebut, ada beberapa hal yang patut diperhatikan.
Pertama adalah dengan menempatkan mouse di dekat dan di permukaan yang sama dengan keyboard. Hal ini dimaksudkan agar pengguna komputer bisa lebih mudah meraih dan menggunakan mouse. Perlu diperhatikan pula posisi duduk, ambil posisi duduk tegak, jangan membungkuk, loyo, atau lesu, karena akan mengakibatkan sakit punggung. Untuk mouse yang masih menggunakan bola, bersihkan perangkat tersebut secara berkala karena kotoran yang masuk dikhawatirkan akan mengganggu gerak cursor. Demikian pula untuk menggunakan mouse pad, lagi-lagi agar gerakan cursor menjadi lebih lembut. Kemudian agar pergelangan tangan tidak terlampau lelah, ada baiknya untuk menggunakan wrist rests di mana bantalan yang biasanya berisi silikon bisa memberi kenyamanan saat menggunakan mouse.

3. Interaksi Manusia dan Komputer

Bagaimanapun interaksi antara manusia dengan komputer pasti akan selalu ada. Hal ini terjadi dikarenakan komputer itu sendiri merupakan bagian dari suatu ciptaan manusia. Menurut saya ilmu merupakan hal yang perlu dimiliki oleh semua orang, baik dari anak kecil sampai orang dewasa karena ilmu kita ibaratkan sebagai mata dalam kehidupan.
banyak anak-anak sekarang yang tidak mendapatkan pendidikan sampai mereka harus kehilangan masa-masa anak-anak hanya untuk mencari nafkah untuk bantu keluarga mereka sehingga kit aperlu prihatin mengenai keadaan ini bagaimana pun juga, kita hanya bisa membantu mereka dengan apapun yang kita miliki.

4. Interaksi Manusia dan Komputer
Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. Jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

5. Pengertian Interaksi Manusia-Komputer
Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis. Hal demikian karena waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai dikalangan tertentu, misalnya para ilmuwan atau ahli-ahli teknik.
Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagurnkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut akhirnya juga mempengaruhi rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkanlah istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.

sumber:www.trihariono.wordpres.com

Jenis-jenis Protokol Internet

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanyaJenis-jenis Protokol Internet

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

1. TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack
Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.
Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.

2. UDP ( User Datagram Protokol)
UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini didefinisikan dalam RFC 768.
UDP memiliki karakteristik-karakteristik berikut:
 Connectionless (tanpa koneksi): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan tanpa harus dilakukan proses negosiasi koneksi antara dua host yang hendak berukar informasi.
 Unreliable (tidak andal): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai datagram tanpa adanya nomor urut atau pesan acknowledgment. Protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP harus melakukan pemulihan terhadap pesan-pesan yang hilang selama transmisi. Umumnya, protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP mengimplementasikan layanan keandalan mereka masing-masing, atau mengirim pesan secara periodik atau dengan menggunakan waktu yang telah didefinisikan.
 UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Header UDP berisi field Source Process Identification dan Destination Process Identification.
 UDP menyediakan penghitungan checksum berukuran 16-bit terhadap keseluruhan pesan UDP.

UDP tidak menyediakan layanan-layanan antar-host berikut:
 UDP tidak menyediakan mekanisme penyanggaan (buffering) dari data yang masuk ataupun data yang keluar. Tugas buffering merupakan tugas yang harus diimplementasikan oleh protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP.
 UDP tidak menyediakan mekanisme segmentasi data yang besar ke dalam segmen-segmen data, seperti yang terjadi dalam protokol TCP. Karena itulah, protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP harus mengirimkan data yang berukuran kecil (tidak lebih besar dari nilai Maximum Transfer Unit/MTU) yang dimiliki oleh sebuah antarmuka di mana data tersebut dikirim. Karena, jika ukuran paket data yang dikirim lebih besar dibandingkan nilai MTU, paket data yang dikirimkan bisa saja terpecah menjadi beberapa fragmen yang akhirnya tidak jadi terkirim dengan benar.
 UDP tidak menyediakan mekanisme flow-control, seperti yang dimiliki oleh TCP.

PENGGUNAAN UDP
UDP sering digunakan dalam beberapa tugas berikut:
* Protokol yang "ringan" (lightweight): Untuk menghemat sumber daya memori dan prosesor, beberapa protokol lapisan aplikasi membutuhkan penggunaan protokol yang ringan yang dapat melakukan fungsi-fungsi spesifik dengan saling bertukar pesan. Contoh dari protokol yang ringan adalah fungsi query nama dalam protokol lapisan aplikasi Domain Name System.
* Protokol lapisan aplikasi yang mengimplementasikan layanan keandalan: Jika protokol lapisan aplikasi menyediakan layanan transfer data yang andal, maka kebutuhan terhadap keandalan yang ditawarkan oleh TCP pun menjadi tidak ada. Contoh dari protokol seperti ini adalah Trivial File Transfer Protocol (TFTP) dan Network File System (NFS)
* Protokol yang tidak membutuhkan keandalan. Contoh protokol ini adalah protokol Routing Information Protocol (RIP).
* Transmisi broadcast: Karena UDP merupakan protokol yang tidak perlu membuat koneksi terlebih dahulu dengan sebuah host tertentu, maka transmisi broadcast pun dimungkinkan. Sebuah protokol lapisan aplikasi dapat mengirimkan paket data ke beberapa tujuan dengan menggunakan alamat multicast atau broadcast. Hal ini kontras dengan protokol TCP yang hanya dapat mengirimkan transmisi one-to-one. Contoh: query nama dalam protokol NetBIOS Name Service.

PESAN UDP
UDP, berbeda dengan TCP yang memiliki satuan paket data yang disebut dengan segmen, melakukan pengepakan terhadap data ke dalam pesan-pesan UDP (UDP Messages). Sebuah pesan UDP berisi header UDP dan akan dikirimkan ke protokol lapisan selanjutnya (lapisan internetwork) setelah mengepaknya menjadi datagram IP. Enkapsulasi terhadap pesan-pesan UDP oleh protokol IP dilakukan dengan menambahkan header IP dengan protokol IP nomor 17 (0x11). Pesan UDP dapat memiliki besar maksimum 65507 byte: 65535 (216)-20 (ukuran terkecil dari header IP)-8 (ukuran dari header UDP) byte. Datagram IP yang dihasilkan dari proses enkapsulasi tersebut, akan dienkapsulasi kembali dengan menggunakan header dan trailer protokol lapisan Network Interface yang digunakan oleh host tersebut.
Dalam header IP dari sebuah pesan UDP, field Source IP Address akan diset ke antarmuka host yang mengirimkan pesan UDP yang bersangkutan; sementara field Destination IP Address akan diset ke alamat IP unicast dari sebuah host tertentu, alamat IP broadcast, atau alamat IP multicast.

PORT UDP
Seperti halnya TCP, UDP juga memiliki saluran untuk mengirimkan informasi antar host, yang disebut dengan UDP Port. Untuk menggunakan protokol UDP, sebuah aplikasi harus menyediakan alamat IP dan nomor UDP Port dari host yang dituju. Sebuah UDP port berfungsi sebagai sebuah multiplexed message queue, yang berarti bahwa UDP port tersebut dapat menerima beberapa pesan secara sekaligus. Setiap port diidentifikasi dengan nomor yang unik, seperti halnya TCP, tetapi meskipun begitu, UDP Port berbeda dengan TCP Port meskipun memiliki nomor port yang sama. Tabel di bawah ini mendaftarkan beberapa UDP port yang telah dikenal secara luas.
Nomor Port UDP Digunakan oleh
53 Domain Name System (DNS) Name Query
67 BOOTP client (Dynamic Host Configuration Protocol [DHCP])
68 BOOTP server (DHCP)
69 Trivial File Transfer Protocol (TFTP)
137 NetBIOS Name Service
138 NetBIOS Datagram Service
161 Simple Network Management Protocol (SNMP)
445 Server Message Block (SMB)
520 Routing Information Protocol (RIP)
1812/1813 Remote Authentication Dial-In User Service (RADIUS)

3. Domain Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:
1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.

Struktur DNS
Domain Name Space merupakan sebuah hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:




1. Root-Level Domains
Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang disebut dengan
level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain di ekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain adalah (“.”).

2. Top-Level Domains
Pada bagian dibawah ini adalah contoh dari top-level domains:
a) .com Organisasi Komersial
b) .edu Institusi pendidikan atau universitas
c) .org Organisasi non-profit
d) .net Networks (backbone Internet)
e) .gov Organisasi pemerintah non militer
f) .mil Organisasi pemerintah militer
g) .num No telpon
h) .arpa Reverse DNS
i) .xx dua-huruf untuk kode Negara (id:indonesia.my:malaysia,au:australia)
Top-level domains dapat berisi second-level domains dan hosts.

3. Second-Level Domains
Second-level domains dapat berisi host dan domain lain, yang disebut dengan subdomain. Untuk contoh:
Domain Bujangan, bujangan.com terdapat komputer (host) seperti server1.bujangan.com dan subdomain training.bujangan.com. Subdomain training.bujangan.com juga terdapat komputer (host) seperti client1.training.bujangan.com.

4. Host Names
Domain name yang digunakan dengan host name akan menciptakan fully qualified domain name (FQDN) untuk setiap komputer. Sebagai contoh, jika terdapat fileserver1.detik.com, dimana fileserver1 adalah host name dan detik.com adalah domain name.

Bagaimana DNS Bekerja
Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan). Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers. Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memproses dengan cara mencek ke local database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan. Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dari client dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP address.

Cara kerja Domain Name Sistem
a) Resolvers mengirimkan queries ke name server
b) Name server mencek ke local database, atau menghubungi name server lainnya, jika ditemukan akan diberitahukan ke resolvers jika tidak akan mengirimkan failure message
c) Resolvers menghubungi host yang dituju dengan menggunakan IP address yang diberikan name server

4. Point-to-Point Protocol
Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. Selain itu, protokol ini juga mendukung banyak protokol-protokol jaringan secara simultan. PPP didefinisikan pada RFC 1661 dan RFC 1662.

5. Serial Line Internet Protocol
Serial Line Internet Protocol dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Disingkat dengan SLIP. Sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP yang mendeteksi kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer server sebagai penampungnya, dan secara perlahan-lahan akan digantikan oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi.

6. Internet Control Message Protocol (ICMP)
adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.
ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan.

7. POP3 (Post Office Protocol)
POP3 (Post Office Protocol)
POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

8. IMAP (Internet Message Access Protocol)
IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.

9. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
Untuk menggunakan SMTP bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan SMTP di perlukan settingan :
1. Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
2. Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
3. Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
4. Account Name : anda@domainanda.com
5. Password : password yang telah anda buat sebelumnya

10. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.
Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.
11. HTTPS
https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.
Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.
Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.
Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’
Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit di web ialah dengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka. Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melakukan enkripsi informasi dari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang menerima informasi. Pada web server, informasi kartu mereke secara tipikal tersimpan di database server (terkadang tidak langsung dikirimkan ke pemroses kartu kredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentigan

12. SSH (Sucure Shell)
SSH adalah protocol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara dua komputer. SSH dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh mengirim file, membuat Tunnel yang terrenkripsi dan lain-lain. Protocol ini mempunyai kelebihan disbanding protocol yang sejenis seperti Telnet, FTP, Danrsh, karena SSH memiliki system Otentikasi,Otorisasi, dan ekripsinya sendiri. Dengan begitu keamanan sebuah sesi komunikasi melalui bantuan SSH ini menjadi lebih terjamin. SSH memang lebih aman dibandingkan dengan protocol sejenis, tetapi protocol SSH tatap rentan terhadap beberapa jenis serangan tertentu. Pada umumnya serangan ini ditunjukan Pada SSH versi pertama (SSH-1) yang memang memiliki tingkat keamanan yang lebih lemah daripada SSH versi kedua (SSH-2). Salah satu serangan pada SSH versi pertama adalah serangan MAN IN THE MIDDLE pada saat pertukaran kunci. Protocol SSH serta algoritma yang digunakan pada kedua versi SSH, lalu serangan-serangan yang terjadi pada SSH dan bagaimana SSH mengatasinya. Untuk meningkatkan keamanan pada protocol SSH dapat dilakukan dengan cara menggunakan kartu Kriptografi untuk autentifkasi.Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

13. Telnet (Telecommunication network)
adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

 FTP ( File Transfer Protocol )
FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,dan meng- updlot berkas- berkas yang ia kehenaki. Umumnya, para pengguna daftar memiliki akses penuh terdapat berapa direkotri , sehingga mereka dapat berkas , memuat dikotri dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous & password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
Tujuan FTP server adalah sebagai beikut :
1. Untuk men-sharing data.
2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi User.
4. Untuk menyediakan tranper data yang reliable dan efisien.
FTP sebenarnya cara yang tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfesfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tapi melalui clear text. Metode text yang dipakai transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara Default, FTP menggunakan metode ASCII untuk transfer data. Karena Pengirimannya tanpa enkripsi, maka username,password,data yang ditransfer maupun perintah yang dikirim dapat dniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu disana.

 LDAP
LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan. Dengan menggunakan LDAP, seseorang dapat mencari informasi mengenai orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari itu.

 SSL (Secure Socket Layer)
SSL (Secure Socket Layer) adalah arguably internet yang paling banyak digunakan untuk enkripsi. Ditambah lagi, SSL sigunakan tidak hanya keamanan koneksi web, tetapi untuk berbagai aplikasi yang memerlukan enkripsi jaringan end-to-end.
Secure Sockets Layer (SSL) merupakan sistem yang digunakan untuk mengenkripsi
pengiriman informasi pada internet, sehingga data dapat dikirim dengan aman. Protokol SSL mengatur keamanan dan integritas menggunakan enkripsi, autentikasi, dan kode autentikasi pesan. SSL protocol menyedian privasi komunikasi di internet. SSL tidak mendukung fileencryption, access-control, atau proteksi virus, jadi SSL tidak dapat membantu mengatur data sensitif setelah dan sebelum pengiriman yang aman.
Protokol SSL terdiri dari dua sub-protokol: SSL record protocol dan SSL handshake protocol. SSL record protocol mendefinisikan format yang digunakan untuk mentransmisikan data. Sedangkan SSL handshake protocol melibatkan SSL record protocol untuk menukarkan serangkaian pesan antara SSL enabled server dan SSL enable client ketika keduanya pertama kali melakukan koneksi SSL. Pertukaran pesan tersebut digunakan untuk memfasilitasi tindakan sebagai berikut :
• Autentikasi dari server ke klien
• Mengizinkan klien dan server untuk memilih algoritma kriptografi atau sandi, yangmendukung komunikasi keduanya.
• Autentikasi dari klien ke server.
• Menggunakan teknik enkripsi public key untuk membuka data yang dienkripsi
• Membuat enkripsi koneksi SSL

Web Measurement Quality

Pendahuluan
Dunia teknologi informasi terutama internet saat ini telah berkembang dengan pesat. Penggunaan internet telah menjadi suatu kebutuhan dasar bagi berbagai lapisan masyarakat dalam memperoleh informasi. Menurut Federal Networking Council (FNC), internet didefinisikan sebagai sistem informasi global yang terhubung bersama-sama secara logikal oleh alamat unik global berbasis Internet Protokol (IP), mendukung komunikasi menggunakan Transmision Control Protokol/Internet Protokol (TCP/IP) (Federal Networking Council, 1995)
Perkembangan internet semakin besar ketika terbangunnya aplikasi World Wide Web (WWW) atau singkatnya web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee (Kuswayanto, 2006). Aplikasi web ini adalah bagian menarik dari internet karena melalui web kita dapat mengakses informasi yang tidak hanya dalam bentuk teks tetapi juga bisa berupa gambar, suara, video dan animasi. Semua informasi tersebut tersimpan pada halaman-halaman web atau lebih kita kenal dengan nama website. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet semakin meningkat. Dengan demikian, kualitas pelayanan web menjadi sangat penting bagi pengguna yang jumlahnya terus meningkat. Untuk mengetahui kualitas layanan web, diperlukan suatu mekanisme pengukuran kinerja website. Salah satu diantaranya adalah dengan mengukur pengalaman pengguna atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan halaman web dan menguji beberapa komponen pendukung jaringan komputer atau computer networking yang ada.
Tulisan ini dibagi menjadi tujuh bagian. Bagian pertama adalah pendahuluan yang berisi tentang tujuan penulisan. Bagian kedua menjelaskan pengertian website. Bagian ketiga menjelaskan tentang keuntungan memiliki website. Bagian keempat menjelaskan bagaimana cara mengukur website untuk mengetahui kinerja suatu website. Bagian kelima menjelaskan tentang KITE, yaitu sebuah program yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu website. Bagian keenam studi kasus menjelaskan tentang bagian-bagian dari suatu website yang diukur dan dianalisa. Dan bagian terakhir adalah kesimpulan.
2. Pengertian Website
Mengacu kepada kamus Merriam-Webster, website didefinisikan sebagai berikut: “a group of World Wide Web pages usually containing hyperlinks to each other and made available online by an individual, company, educational institution, government, or organization” (Merriam-Webster, 2010). Sebuah situs web atau website (sering pula disingkat menjadi situs saja) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di WWW di internet. WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh Uniform Resource Locator (URL) untuk mengindentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman 3 muka”), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan misalnya situs-situs yang menampilkan situs-situs berita, situs hiburan, dan situs pendidikan. Pada Gambar 1, www.wikipedia.org adalah sebuah contoh website yang menyimpan banyak informasi pengetahuan, berita, sejarah dan lain-lain.

Gambar 1. www.wikipedia.org
3. Keuntungan Memiliki Website
Menurut beberapa pengertian di internet, ada beberapa keuntungan dari sebuah website. Dengan teknologi internet sekarang ini, produk atau jasa dapat diakses secara global dan menawarkan jasa ataupun produk kepada masyarakat selama 24 jam, 365 hari per tahun. Sekarang masyarakat telah menggunakan teknologi internet untuk mencari informasi tentang produk maupun jasa karena menurut mereka penggunaan internet lebih nyaman dan lebih menghemat waktu. Pelanggan dan masyarakat umum sekarang lebih suka jika suatu perusahaan memiliki sebuah website. Bila mereka memerlukan informasi mengenai produk atau jasa, mereka tinggal mengaksesnya melalui sebuah website.
Sebuah website dapat diakses dengan sangat cepat dan sangat mudah untuk di-update karena website merupakan media virtual. Dengannya kita dapat memasukkan gambar, rincian biaya produk, informasi tentang perusahaan, atau peta yang dapat menunjukan lokasi perusahaan ke dalam situs web. Ada beberapa keuntungan jika memiliki situs web (Andoy, 2010) yaitu :
a. Sekarang ini umumnya masyarakat mencari informasi jasa atau produk melalui situs web sebelum memutuskan untuk membeli.
b. Bisnis akan berjalan selama 24 jam, 7 hari seminggu ketika memiliki situs web. Situs web dapat memberikan keuntungan besar karena ia dapat diakses secara global melalui jaringan internet.
c. Informasi tentang produk tersedia secara online dan dapat menjawab pertanyaan dari konsumen dengan cepat dan murah.
d. Pada umumnya situs web menyediakan beberapa artikel beserta tips dan informasi. Ketika suatu situs web sering diupdate dan memposting artikel, masyarakat umum dapat menggunakanya sebagai sumber informasi. Dengan ini masyarakat dapat melihat produk dan jasa yang ditawarkan dalam situs web tersebut.
e. Informasi tentang bisnis dan perusahaan dapat diposting dalam situs web. Dengan ini kita mendapatkan kepercayaan dari konsumen, karena konsumen lebih percaya jika mereka mengetahui sesuatu tentang perusahaan tersebut.

4. Pengukuran Kinerja Situs web (Website)
Di dalam bukunya, Peterson (2005, p. 3) mengatakan bahwa pengukuran kinerja web (web measurement) adalah seni untuk mengumpulkan data dan menganalisa data agar dapat digunakan dan mudah dibaca oleh manusia. Salah satu teknik mengukur dan menguji suatu kinerja web adalah dengan mengukur pengalaman seseorang atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan halaman-halaman web yang berada di internet
Kinerja suatu web atau web performance sangat dipengaruhi oleh beberapa komponen-komponen dasar yang dibagi menjadi dua bagian penting, yaitu (1) dilihat dari gambaran transaksi web atau perspective transaction dan (2) gambaran komponen aplikasi atau application component perspective (Keynote System, Inc 2010). Transaksi web atau web transaction lebih menitikberatkan pada sisi pengalaman pengguna atau user experience sedangkan komponen aplikasi lebih menitikberatkan pada komponen jaringan komputer atau computer network.
A. METODE SERVQUAL
Metode SERVQUAL dikembangkan oleh Berry, Zeithaml, dan Parasuraman (1990). Dimana harapan, kepuasan pelanggan dan kualitas layanan mempunyai hubungan yang dapat diukur dari kualitas pelayanannya (service quality), kepuasan pelanggan dihitung dengan membandingkan prediksi dan persepsi dari pelanggan. Dalam kuesioner yang disebar nantinya akan terdapat penilaian pelanggan terhadap dua bagian penting yaitu:
1. Bagian Ekspektasi, yang memuat pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui dengan pasti harapan umum (ekspektasi) dari konsumen terhadap sebuah jasa.
2. Bagian Persepsi, yang memuat pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur pandangan konsumen terhadap perusahaan dengan kategori tertentu.
Tanggapan konsumen dinyatakan dengan skala Likert, yaitu rentang skala nominal 4 untuk sangat setuju dan skala nominal 1 untuk sangat tidak setuju.

Dari table-tabel diatas dapat dilihat keterangan untuk masing-masing nilai dalam skala Likert untuk bagian ekspektasi dan persepsi. Keterangan ini berfungsi untuk menyamakan persepsi responden terhadap skala yang digunakan dalam kuesioner untuk pengukuran kualitas layanan (SERVQUAL).
Untuk perhitungan skor SERVQUAL, kita dapat menggunakan rumus perhitungan sebagai berikut (Zeithaml, 1990):
Skor ServQual = Skor Persepsi – Skor Ekspektasi
Adapun kriteria kelima dimensi kualitas dari model SERVQUAL tersebut adalah:
1. Tangibles, penampakan dari fasilitas fisik, peralatan, personel, dan sarana komunikasi
2. Reliability, kemampuan untuk memberikan jasa yang dijanjikan secara konsisten, memuaskan, dan akurat
3. Responsiveness, keinginan untuk membantu pelanggan dan menyediakan jasa tepat waktu
4. Assurance (termasuk competence, curtecy, credibility, dan security). Kompetensi dari sistem dan kredibilitas dalam menyediakan jasa secara sopan dan aman
5. Emphaty (termasuk accessability, communication, dan understanding knowing the customer). Suatu pendekatan, kemudahan untuk mengakses, kemudahan berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
B. METODE WEBQUAL
Webqual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Metode ini merupakan pengembangan dari Servqual- yang disusun oleh Parasuraman, yang banyak digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa. Instrumen penelitian pada Webqual tersebut dikembangkan dengan metode Quality Function Development (QFD).
Webqual sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1998 dan telah mengalami beberapa iterasi dalam penyusunan dimensi dan butir-butir pertanyaannya. Webqual 4.0 tersebut disusun berdasarkan penelitian pada tiga area yaitu :
1. Information Quality adalah mutu dari isi yang terdapat pada site, pantas tidaknya informasi untuk tujuan pengguna seperti akurasi, format dan keterkaitannya.
2. Service Interaction Quality adalah mutu dari interaksi pelayanan yang dialami oleh pengguna ketika mereka menyelidiki kedalam site lebih dalam, yang terwujud dengan kepercayaan dan empati, sebagai contoh isu dari keamanan transaksi dan informasi, pengantaran produk, personalisasi dan komunikasi dengan pemilik site.
3. Usability adalah mutu yang berhubungan dengan rancangan site, sebagai contoh penampilan, kemudahan penggunaan, navigasi dan gambaran yang disampaikan kepada pengguna.
Webqual dapat digunakan untuk menganalisis kualitas beberapa website, baik website internal perusahaan (intranet) maupun website eksternal. Persepsi pengguna tersebut terdiri dari dua bagian, yaitu persepsi tentang mutu layanan yang dirasakan (aktual) dengan tingkat harapan (ideal).
Barnes dan Vidgen (2003) melakukan penelitian dengan menggunakan WebQual untuk mengukur kualitas website yang dikelola oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development).
Website yang bermutu dari perspektif pengguna dapat dilihat dari tingkat persepsi layanan aktual yang tinggi dan kesenjangan persepsi aktual dengan ideal (gap) yang rendah.
Model kualitas website atau WebQual tersebut pertama kali digunakan pada portal sekolah bisnis berdasarkan faktor-faktor kemudahan penggunaan, pengalaman, informasi dan komunikasi, serta integrasi (Barnes dan Vidgen, 2000).
C. Metode Aplikasi
Terdapat banyak alat pengukur kinerja web. Pada tahun 2008, konferensi pertama O‟reilly Velocity yang terletak di kota San Fransisco dihadiri banyak perusahaan- perusahaan yang turut berpartisipasi untuk menampilkan alat pengukur kinerja web mereka. Beberapa diantaranya adalah KITE, Jiffy dan CloudStatus. Alat-alat pengukur ini tidak hanya bagus dan mudah digunakan tetapi juga gratis (Sevcik and Wetzel, 2008).
Keynote System, perusahaan yang bergerak di bidang IT khususnya di dunia pengukuran web membuat alat pengukur kinerja web yang bernama KITE. KITE dapat merekam transaksi web yang user lakukan di dalam browser dan kita dapat melihat kinerja yang berhubungan denganya. Selain itu kita dapat juga menampilkan langkah-langkah yang user lakukan sebagai script ke 5 buah server pengujian Keynote di seluruh dunia. Semua yang kita butuhkan hanya sebuah browser.
Orang-orang di situs pencarian WhitePage.com menemukan bahwa data dari agen tidak menyediakan apa yang mereka butuhkan untuk aplikasi yang kaya akan media. Lalu mereka mengembangkan alat pengukur web yang bernama jiffy dan tersedia secara bebas (open source). Cara kerja jiffy adalah dengan memasukan kode jiffy ke dalam halaman-halaman web yang akan di telusuri. Dengan jiffy kita dapat mengukur page rendering times, melaporkan hasil pengukuran dari web server, aggregate log into database, dan membuat laporan-laporan.
CloudStatus adalah alat pengukur web yang berfungsi menelusuri kinerja utama dari layanan-layanan cloud computing. CloudStatus terdiri dari 5 layanan dasar yang ditawarkan oleh amazon, dan memiliki kemampuan monitoring yang lebih baik.

Dari ketiga alat pengukur web yang dijelaskan diatas, kami memilih KITE karena KITE selain gratis dan juga mendukung banyak kemampuan-kemampuan, antara lain:
1. dapat diakses dan menganaliasa kinerja web melalui 5 buah server tes di jaringan global Keynote System.

2. dapat merekam kembali bentuk-bentuk transaksi web yang sudah dijalankan oleh pengguna untuk keperluan analisa.
4.1. Pengalaman Pengguna (User experience)
dengan menggunakan salah satu yang sudah sangat dikenal pengguna (user experience) dan memiliki beberapa komponen diantaranya adalah (Keynote System, Inc 2010):
a. Time to opening page (time_to_opening_page), maksudnya adalah mengukur, dari sisi pengguna, waktu yang dibutuhkan pada saat pertama kali membuka halaman web. Waktu dimulai dari aksi pertama setelah internet agent memutuskan untuk berpindah ke halaman berikutnya. Waktu berakhir ketika pesan opening page ditampilkan di Web browser status bar. Internet agent adalah agen yang membawa beberapa tugas yang berkaitan dengan internet (Encyclopedia, 2010).
b. Page download (page_download_time), maksudnya adalah waktu yang dibutuhkan antara ketika Web browser membuat sinyal opening page dan ketika Web browser akan menampilkan pesan done di status bar.

4.2. Komponen Jaringan
Komponen jaringan (network component) adalah salah satu hal yang mempengaruhi kinerja web. Beberapa komponen jaringan tersebut diantaranya adalah (Keynote System, Inc 2010):
a. DNS lookup (DNS_time), komponen ini berfungsi untuk menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menterjemahkan host name (contoh, www.keynote.com) menjadi IP address (contoh, 206.79.179.108).
b. Initial connection (initial_connection), komponen ini mengukur waktu pulang pergi atau round-trip time (ukuran waktu yang dibutuhkan jaringan untuk melakukan perjalanan dari host sumber menuju host tujuan dan kembali lagi ke host sumber) koneksi jaringan antara browser dan server.
c. Request time (request_time), adalah jumlah waktu yang dibutuhkan oleh web browser untuk mengirim permintaan (request) ke internet.
d. Client time (client_time), adalah jumlah waktu untuk mengunduh elemen halaman web selama data dihantarkan.
e. Total measurement time (measurement_network), adalah jumlah waktu untuk mengunduh halaman web dilihat dari sudut pandang jaringan.

Keynote Internet Testing Enviroment (KITE)
Keynote Internet Testing Enviroment (KITE) adalah alat pengujian dan pengukuran berbasis desktop yang digunakan untuk merekam dan mengedit transaksi web dan menganalisa kinerja dari aplikasi web (Keynote System, Inc 2010). KITE sangat mudah untuk digunakan dan sebagai salah satu alat yang sudah cukup terkenal di dunia. KITE dipilih sebagai alat pengukuran kinerja Web karena ia merupakan tools yang bebas biaya, berbasis dektop environment dan dapat melakukan pengujian dari 5 kota di berbagai belahan dunia yang menjadi agent dari jaringan KITE.
Dengan KITE, kita dapat melakukan pengujian dan pengukuran komponen jaringan secara global dan menganalisa transaksi web. Infrastruktur jaringan keynote terdiri dari 3 komponen utama yaitu:
a. Pengukuran dan infrastruktur pengumpulan data
b. Operasi dan pusat data
c. Alat analisa dan pelaporan

Pada Gambar 2, dapat kita lihat bentuk jaringan keynote dan agen keynote yang mengakses website dan mengunduh halaman web dan menjalankan banyak transaksi web. Pusat operasi KITE berada di San Mateo di Calfornia dan Plano di Texas. Pusat operasi KITE mendukung pengukuran data dan menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar serta mengatur dan menganalisa jumlah data yang sangat besar dari komputer-komputer tersebut.

Gambar 2. Infrastruktur jaringan keynote
5. TUTORIAL KITE
Cara menggunakan KITE terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama adalah mengunduh software KITE dari url http://kite.keynote.com/download-center.php, dan tahap kedua adalah memasang KITE pada computer, serta tahap ketiga adalah melakukan registrasi.
Untuk melakukan pengujian dan pengukuran transaksi web serta kinerja aplikasi web dengan KITE dapat dilakukan dengan beberapa cara dan disini kami hanya menjalankan pengujian dan pengukuran dengan cara instant test disebabkan karena cara tersebut bebas biaya (free). Pengujian melalui jaringan global KITE dan salah satu manfaatnya adalah memberikan kita keuntungan dari sisi user experience yang terjadi di jaringan luar.
Keuntungan utama pengukuran dan pengujian dari jaringan global Keynote adalah kita dapat melihat dan mengamati dengan jelas pada jarak yang jauh (visibilitas) pengalaman pengguna yang terjadi di luar jaringan lokal. Dengan semua ini, kami dapat mengukur setiap transaksi yang terjadi, memperoleh cukup data untuk dianalisa di setiap jaringan global Keynote yang berbeda.
Hal yang pertama kali kami lakukan adalah melakukan pengujian dari jaringan global keynote. Langkah – langkah tersebut adalah :

1. Jalankan program KITE dari menu start  keynote system  keynote internet testing environment.
2. masukan email yang telah didaftarkan ke situs keynote,  masukan email  masukan password.
3. Click tombol PUSH TO START untuk menjalankan pengujian halaman di MyKeynote, dari sini kami dapat menjalankan instant test pada url yang hendak dituju.
Pada Gambar 3 ditunjukan screenshot dari cara menjalankan pengujian dari jaringan global keynote.


Gambar 3. Langkah pengujian dengan instant test dan hasilnya
Dashboard yang berada di pojok kanan atas dari hasil instant tes dapat digunakan untuk melihat bentuk dari type graphs, menampilkan hasil secara detail bahkan membagi hasil melalui Digg, Twitter, Facebook, Windows live dan Yahoo Myweb.
6. Studi Kasus
Situs web yang pertama kali akan diuji dan diukur transaksi web, serta kinerja aplikasi web adalah situs web http://www.kafegaul.com yang merupakan situs web forum. Sebuah situs web forum merupakan sumber informasi yang terus-menerus diperbaharui (Kiki dan Cristine, 2004).. Langkah pertama yang kami lakukan adalah melakukan pengujian kinerja web dengan melakukan instant test dari jaringan global KITE. Hasil dari instant test tersebut bisa dilihat pada Gambar 4 di bawah ini:


Gambar 4. hasil tampilan graphs dan tabel situs www.kafegaul.com
Dari Gambar 4 diatas didapatkan bahwa jumlah transaksi web pada situs web http://www.kafegaul.com, yang diujicobakan melalui instant test diperoleh data sebagai berikut :
Kota Frankurt
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 3,257 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 3,125 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230.085 bytes.

Kota Hongkong
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 7,228 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 7,095 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230174 bytes.




Kota London
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 4,193 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 4,061 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230131 bytes.

Kota New York
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 2,603 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 2,469 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230129 bytes.

Kota San Fransisco
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 3,783 detik.

2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 3,649 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230129 bytes.

Hasil keseluruhan yang ditampilkan oleh program KITE diatas menghasilkan status baik (good). Dengan demikian, situs web www.kafegaul.com adalah situs yang baik.
Situs kedua yang akan diuji dan diukur transaksi web serta kinerja aplikasi web adalah situs jejaring sosial. Menurut Larry Weber (2007) di dalam bukunya “Marketing to the Social Web: How Digital Customer Communities Build Your Business“, web sosial adalah tempat online di mana orang-orang umum dapat berkumpul untuk berbagi pemikiran, komentar dan pendapat; seperti, MySpace, Friendster, Facebook, Black Planet, eon, LinkedIn, dan lain-lain. Termasuk juga situs penjualan seperti Amazon, Netflix, dan eBay. Dan beberapa situs besar seperti IBM, Circuit City, Cisco, dan Oracle (Sheldrake 2008). Hal ini menjadikan bahwa situs jejaring sosial adalah tempat pertama pada saat pertama kali kita membutuhkan berita, informasi, hiburan dan lain-lain. Situs web yang akan kami uji kali ini adalah http://www.kaskus.us yang merupakan situs jejaring sosial yang memiliki lalu lintas data yang cukup padat di Indonesia. Hal pertama adalah melakukan instant test dari jaringan global KITE, hasil dari test instant tersebut bisa dilihat pada Gambar 5 dibawah ini:

Gambar 5. Hasil tampilan graphs dan tabel situs www.kaskus.us
Dari Gambar 5 diatas didapatkan bahwa jumlah transaksi web pada situs web http://www.kaskus.us yang diujicobakan melalui instant test didapatkan data sebagai berikut :
Kota Frankurt
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 11,363 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 11,322 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 482167 bytes.
Kota Hongkong
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 4,599 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 4,524 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 452907 bytes.


Kota London
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 13,942 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 13,906 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 537545 bytes.

Kota New York
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 12,421 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 12,2 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 477397 bytes.
Kota San Fransisco
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 17,803 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 17,767 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 442072 bytes.

Hasil keseluruhan yang ditampilkan oleh program KITE diatas menghasilkan status baik (good). Dengan demikian, situs web www.kaskus.us adalah situs yang baik.
Hasil pengukuran dan pengujian kinerja situs web www.kafegaul.com dengan cara instant test ditampilkan secara detil sebagai berikut :
Gambar 6. hasil kesimpulan instant test detil situs web www.kafegaul.com
Dari Gambar 6 di atas kita bisa melihat beberapa komponent jaringan (network component) yang dijadikan tolak ukur (parameter) oleh KITE dalam melakukan pengujian dan pengukuran situs web www.kafegaul.com dari beberapa kota yang menjadi agent Keynote diantaranya adalah :
1. waktu DNS lookup yang cepat < 0,1 detik. 2. waktu initial koneksi yang cepat < 0,3 detik. 3. waktu request time, sekitar 0,000 detik. 4. waktu first byte downloaded < 0,3 detik. 5. waktu base page download < 1 detik. 6. waktu client time < 0,1 detik. 7. waktu content download < 6 detik. Hasil keseluruhan tolak ukur (parameter) di atas digabungkan menjadi satu bagian network time dari beberapa agent Keynote menghasilkan waktu < 8 detik untuk satu aksi. Waktu pengalaman pengguna (user experience time) dari beberapa agent Keynote menghasilkan waktu < 8 detik untuk satu aksi, jumlah byte yang diunduh untuk 1 aksi dari beberapa agent Keynote adalah sekitar 231.000 byte. Dengan angka-angka di atas, kami dapat menyimpulkan bahwa situs web www.indonesia-tourism.com adalah situs yang baik. Pada Gambar 4 dapat kita lihat juga bahwa status yang ditampilkan KITE untuk situs www.kafegaul.com adalah baik. Hasil pengukuran dan pengujian kinerja situs web www.kaskus.us dengan cara instant test ditampilkan secara detil sebagai berikut : Gambar 7. hasil kesimpulan instant test detil situs web www.kaskus.us Dari Gambar 7 di atas kita bisa melihat beberapa komponen jaringan (network component) yang dijadikan tolak ukur (parameter) oleh KITE dalam melakukan pengujian dan pengukuran situs web www.kaskus.us dari beberapa kota yang menjadi agent Keynote diantaranya adalah : 1. waktu DNS lookup yang cepat < 0,1 detik. 2. waktu initial koneksi yang cepat < 0,3 detik. 3. waktu request time, sekitar 0,000 detik. 4. waktu first byte downloaded < 0,5 detik. 5. waktu base page download < 1 detik. 6. waktu client time < 0,1 detik. 7. waktu content download < 17 detik. Hasil keseluruhan tolak ukur (parameter) diatas digabungkan menjadi satu bagian network time dari beberapa agent Keynote menghasilkan waktu < 18 detik untuk satu aksi. Waktu pengalaman pengguna (user experience time) dari beberapa agent Keynote menghasilkan waktu < 18 detik untuk satu aksi, jumlah byte yang diunduh untuk 1 aksi dari beberapa agent Keynote sekitar 550.000 byte. Dengan angka-angka di atas, kami dapat menyimpulkan bahwa situs web www.kaskus.us adalah situs yang baik. Pada Gambar 4 dapat kita lihat juga bahwa status yang ditampilkan KITE untuk situs web www.kaskus.us adalah bagus. 7. Kesimpulan Dalam menguji dan mengukur kinerja situs web, beberapa diantaranya ditentukan oleh dua faktor yaitu : komponen pengalaman pengguna atau user experience component yang memberikan gambaran tentang pengalaman user dalam berinteraksi dengan halaman web atau web page, juga ditentukan oleh komponen jaringan atau component network yang memberikan gambaran tentang bagaimana mengukur secara akurat interaksi antara browser dan software komunikasi jaringan. Daftar Pusaka 1. Federal Network Council 1995, Definition of “Internet”, diakses tanggal 10 Juni 2010. 2. Kuswayanto, 2006, Mahir dan Terampil Berkomputer, Grafindo, Bandung. 3. Merriam –Webster Online Dictionary 2010, website, diakses tanggal 10 Juni 2010, .

4. Urle Andoy, Advantages of Having a Website, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
5. Peterson T Eric, 2005, Web Site Measurement Hacks, first edition, O‟Reilly, 1005 Gravenstein Highway North, Sebastopol, CA 95472.
6. Keynote System. Inc, what is web performance, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
7. keynote system. Inc, abouttxn4components, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
8. A Dictionary of the Internet 2001, Internet Agent, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
9. Keynote System. Inc, faq, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
10. Kaplanidou, K & Vogt, C 2004, „Web site Evaluation : terminology and measurement‟, paper ini hasil kolaborasi antara Travel Michigan dan Michigan State University, Departement of Community, Agriculture, Recreation, Resource Studies.
11. Sheldrake P, 2008, The Social Web Analytics eBook 2008, diakses 23 Mei 2010, .
12. Sevcik, Wetzel 2008, 3 Free Web Measurement Tools Debut at Velocity Conference, diakses 14 Juni 2010, .
13. Webber, Larry, 2007, Marketing to the Social Web: How Digital Customer Communities Build Your Business, John Wiley and Sons, New Jersey, USA.

Pengukur Kinerja Situs Web

Pengertian Website
Mengacu kepada kamus Merriam-Webster, website didefinisikan sebagai berikut: “a group of World Wide Web pages usually containing hyperlinks to each other and made available online by an individual, company, educational institution, government, or organization” (Merriam-Webster, 2010). Sebuah situs web atau website (sering pula disingkat menjadi situs saja) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di WWW di internet. WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh Uniform Resource Locator (URL) untuk mengindentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman 3 muka”), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis.2. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan misalnya situs-situs yang menampilkan situs-situs berita, situs hiburan, dan situs pendidikan. Pada Gambar 1, www.wikipedia.org adalah sebuah contoh website yang menyimpan banyak informasi pengetahuan, berita, sejarah dan lain-lain.

3. Keuntungan Memiliki Website
Menurut beberapa pengertian di internet, ada beberapa keuntungan dari sebuah website. Dengan teknologi internet sekarang ini, produk atau jasa dapat diakses secara global dan menawarkan jasa ataupun produk kepada masyarakat selama 24 jam, 365 hari per tahun. Sekarang masyarakat telah menggunakan teknologi internet untuk mencari informasi tentang produk maupun jasa karena menurut mereka penggunaan internet lebih nyaman dan lebih menghemat waktu. Pelanggan dan masyarakat umum sekarang lebih suka jika suatu perusahaan memiliki sebuah website. Bila mereka memerlukan informasi mengenai produk atau jasa, mereka tinggal mengaksesnya melalui sebuah website.
Sebuah website dapat diakses dengan sangat cepat dan sangat mudah untuk di-update karena website merupakan media virtual. Dengannya kita dapat memasukkan gambar, rincian biaya produk, informasi tentang perusahaan, atau peta yang dapat menunjukan lokasi perusahaan ke dalam situs web. Ada beberapa keuntungan jika memiliki situs web (Andoy, 2010) yaitu :
a. Sekarang ini umumnya masyarakat mencari informasi jasa atau produk melalui situs web sebelum memutuskan untuk membeli.
b. Bisnis akan berjalan selama 24 jam, 7 hari seminggu ketika memiliki situs web. Situs web dapat memberikan keuntungan besar karena ia dapat diakses secara global melalui jaringan internet.
c. Informasi tentang produk tersedia secara online dan dapat menjawab pertanyaan dari konsumen dengan cepat dan murah.
d. Pada umumnya situs web menyediakan beberapa artikel beserta tips dan informasi. Ketika suatu situs web sering diupdate dan memposting artikel, masyarakat umum dapat menggunakanya sebagai sumber informasi. Dengan ini masyarakat dapat melihat produk dan jasa yang ditawarkan dalam situs web tersebut.
e. Informasi tentang bisnis dan perusahaan dapat diposting dalam situs web. Dengan ini kita mendapatkan kepercayaan dari konsumen, karena konsumen lebih percaya jika mereka mengetahui sesuatu tentang perusahaan tersebut.


4. Pengukuran Kinerja Situs web (Website)
Di dalam bukunya, Peterson (2005, p. 3) mengatakan bahwa pengukuran kinerja web (web measurement) adalah seni untuk mengumpulkan data dan menganalisa data agar dapat digunakan dan mudah dibaca oleh manusia. Salah satu teknik mengukur dan menguji suatu kinerja web adalah dengan mengukur pengalaman seseorang atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan halaman-halaman web yang berada di internet
Kinerja suatu web atau web performance sangat dipengaruhi oleh beberapa komponen-komponen dasar yang dibagi menjadi dua bagian penting, yaitu (1) dilihat dari gambaran transaksi web atau perspective transaction dan (2) gambaran komponen aplikasi atau application component perspective (Keynote System, Inc 2010). Transaksi web atau web transaction lebih menitikberatkan pada sisi pengalaman pengguna atau user experience sedangkan komponen aplikasi lebih menitikberatkan pada komponen jaringan komputer atau computer network.
A. METODE SERVQUAL
Metode SERVQUAL dikembangkan oleh Berry, Zeithaml, dan Parasuraman (1990). Dimana harapan, kepuasan pelanggan dan kualitas layanan mempunyai hubungan yang dapat diukur dari kualitas pelayanannya (service quality), kepuasan pelanggan dihitung dengan membandingkan prediksi dan persepsi dari pelanggan. Dalam kuesioner yang disebar nantinya akan terdapat penilaian pelanggan terhadap dua bagian penting yaitu:
1. Bagian Ekspektasi, yang memuat pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui dengan pasti harapan umum (ekspektasi) dari konsumen terhadap sebuah jasa.
2. Bagian Persepsi, yang memuat pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur pandangan konsumen terhadap perusahaan dengan kategori tertentu.
Tanggapan konsumen dinyatakan dengan skala Likert, yaitu rentang skala nominal 4 untuk sangat setuju dan skala nominal 1 untuk sangat tidak setuju.



Dari table-tabel diatas dapat dilihat keterangan untuk masing-masing nilai dalam skala Likert untuk bagian ekspektasi dan persepsi. Keterangan ini berfungsi untuk menyamakan persepsi responden terhadap skala yang digunakan dalam kuesioner untuk pengukuran kualitas layanan (SERVQUAL).
Untuk perhitungan skor SERVQUAL, kita dapat menggunakan rumus perhitungan sebagai berikut (Zeithaml, 1990):
Skor ServQual = Skor Persepsi – Skor Ekspektasi
Adapun kriteria kelima dimensi kualitas dari model SERVQUAL tersebut adalah:
1. Tangibles, penampakan dari fasilitas fisik, peralatan, personel, dan sarana komunikasi
2. Reliability, kemampuan untuk memberikan jasa yang dijanjikan secara konsisten, memuaskan, dan akurat
3. Responsiveness, keinginan untuk membantu pelanggan dan menyediakan jasa tepat waktu
4. Assurance (termasuk competence, curtecy, credibility, dan security). Kompetensi dari sistem dan kredibilitas dalam menyediakan jasa secara sopan dan aman
5. Emphaty (termasuk accessability, communication, dan understanding knowing the customer). Suatu pendekatan, kemudahan untuk mengakses, kemudahan berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
B. METODE WEBQUAL
Webqual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Metode ini merupakan pengembangan dari Servqual- yang disusun oleh Parasuraman, yang banyak digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa. Instrumen penelitian pada Webqual tersebut dikembangkan dengan metode Quality Function Development (QFD).
Webqual sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1998 dan telah mengalami beberapa iterasi dalam penyusunan dimensi dan butir-butir pertanyaannya. Webqual 4.0 tersebut disusun berdasarkan penelitian pada tiga area yaitu :
1. Information Quality adalah mutu dari isi yang terdapat pada site, pantas tidaknya informasi untuk tujuan pengguna seperti akurasi, format dan keterkaitannya.
2. Service Interaction Quality adalah mutu dari interaksi pelayanan yang dialami oleh pengguna ketika mereka menyelidiki kedalam site lebih dalam, yang terwujud dengan kepercayaan dan empati, sebagai contoh isu dari keamanan transaksi dan informasi, pengantaran produk, personalisasi dan komunikasi dengan pemilik site.
3. Usability adalah mutu yang berhubungan dengan rancangan site, sebagai contoh penampilan, kemudahan penggunaan, navigasi dan gambaran yang disampaikan kepada pengguna.
Webqual dapat digunakan untuk menganalisis kualitas beberapa website, baik website internal perusahaan (intranet) maupun website eksternal. Persepsi pengguna tersebut terdiri dari dua bagian, yaitu persepsi tentang mutu layanan yang dirasakan (aktual) dengan tingkat harapan (ideal).
Barnes dan Vidgen (2003) melakukan penelitian dengan menggunakan WebQual untuk mengukur kualitas website yang dikelola oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development).

Website yang bermutu dari perspektif pengguna dapat dilihat dari tingkat persepsi layanan aktual yang tinggi dan kesenjangan persepsi aktual dengan ideal (gap) yang rendah.
Model kualitas website atau WebQual tersebut pertama kali digunakan pada portal sekolah bisnis berdasarkan faktor-faktor kemudahan penggunaan, pengalaman, informasi dan komunikasi, serta integrasi (Barnes dan Vidgen, 2000).
C. Metode Aplikasi
Terdapat banyak alat pengukur kinerja web. Pada tahun 2008, konferensi pertama O‟reilly Velocity yang terletak di kota San Fransisco dihadiri banyak perusahaan- perusahaan yang turut berpartisipasi untuk menampilkan alat pengukur kinerja web mereka. Beberapa diantaranya adalah KITE, Jiffy dan CloudStatus. Alat-alat pengukur ini tidak hanya bagus dan mudah digunakan tetapi juga gratis (Sevcik and Wetzel, 2008).
Keynote System, perusahaan yang bergerak di bidang IT khususnya di dunia pengukuran web membuat alat pengukur kinerja web yang bernama KITE. KITE dapat merekam transaksi web yang user lakukan di dalam browser dan kita dapat melihat kinerja yang berhubungan denganya. Selain itu kita dapat juga menampilkan langkah-langkah yang user lakukan sebagai script ke 5 buah server pengujian Keynote di seluruh dunia. Semua yang kita butuhkan hanya sebuah browser.
Orang-orang di situs pencarian WhitePage.com menemukan bahwa data dari agen tidak menyediakan apa yang mereka butuhkan untuk aplikasi yang kaya akan media. Lalu mereka mengembangkan alat pengukur web yang bernama jiffy dan tersedia secara bebas (open source). Cara kerja jiffy adalah dengan memasukan kode jiffy ke dalam halaman-halaman web yang akan di telusuri. Dengan jiffy kita dapat mengukur page rendering times, melaporkan hasil pengukuran dari web server, aggregate log into database, dan membuat laporan-laporan.
CloudStatus adalah alat pengukur web yang berfungsi menelusuri kinerja utama dari layanan-layanan cloud computing. CloudStatus terdiri dari 5 layanan dasar yang ditawarkan oleh amazon, dan memiliki kemampuan monitoring yang lebih baik.



Dari ketiga alat pengukur web yang dijelaskan diatas, kami memilih KITE karena KITE selain gratis dan juga mendukung banyak kemampuan-kemampuan, antara lain:
1. dapat diakses dan menganaliasa kinerja web melalui 5 buah server tes di jaringan global Keynote System.
2. dapat merekam kembali bentuk-bentuk transaksi web yang sudah dijalankan oleh pengguna untuk keperluan analisa.
4.1. Pengalaman Pengguna (User experience)
dengan menggunakan salah satu yang sudah sangat dikenal pengguna (user experience) dan memiliki beberapa komponen diantaranya adalah (Keynote System, Inc 2010):
a. Time to opening page (time_to_opening_page), maksudnya adalah mengukur, dari sisi pengguna, waktu yang dibutuhkan pada saat pertama kali membuka halaman web. Waktu dimulai dari aksi pertama setelah internet agent memutuskan untuk berpindah ke halaman berikutnya. Waktu berakhir ketika pesan opening page ditampilkan di Web browser status bar. Internet agent adalah agen yang membawa beberapa tugas yang berkaitan dengan internet (Encyclopedia, 2010).
b. Page download (page_download_time), maksudnya adalah waktu yang dibutuhkan antara ketika Web browser membuat sinyal opening page dan ketika Web browser akan menampilkan pesan done di status bar.
4.2. Komponen Jaringan
Komponen jaringan (network component) adalah salah satu hal yang mempengaruhi kinerja web. Beberapa komponen jaringan tersebut diantaranya adalah (Keynote System, Inc 2010):
a. DNS lookup (DNS_time), komponen ini berfungsi untuk menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menterjemahkan host name (contoh, www.keynote.com) menjadi IP address (contoh, 206.79.179.108).
b. Initial connection (initial_connection), komponen ini mengukur waktu pulang pergi atau round-trip time (ukuran waktu yang dibutuhkan jaringan untuk melakukan perjalanan dari host sumber menuju host tujuan dan kembali lagi ke host sumber) koneksi jaringan antara browser dan server.

c. Request time (request_time), adalah jumlah waktu yang dibutuhkan oleh web browser untuk mengirim permintaan (request) ke internet.
d. Client time (client_time), adalah jumlah waktu untuk mengunduh elemen halaman web selama data dihantarkan.
e. Total measurement time (measurement_network), adalah jumlah waktu untuk mengunduh halaman web dilihat dari sudut pandang jaringan.

Keynote Internet Testing Enviroment (KITE)
Keynote Internet Testing Enviroment (KITE) adalah alat pengujian dan pengukuran berbasis desktop yang digunakan untuk merekam dan mengedit transaksi web dan menganalisa kinerja dari aplikasi web (Keynote System, Inc 2010). KITE sangat mudah untuk digunakan dan sebagai salah satu alat yang sudah cukup terkenal di dunia. KITE dipilih sebagai alat pengukuran kinerja Web karena ia merupakan tools yang bebas biaya, berbasis dektop environment dan dapat melakukan pengujian dari 5 kota di berbagai belahan dunia yang menjadi agent dari jaringan KITE.
Dengan KITE, kita dapat melakukan pengujian dan pengukuran komponen jaringan secara global dan menganalisa transaksi web. Infrastruktur jaringan keynote terdiri dari 3 komponen utama yaitu:
a. Pengukuran dan infrastruktur pengumpulan data
b. Operasi dan pusat data
c. Alat analisa dan pelaporan
Pada Gambar 2, dapat kita lihat bentuk jaringan keynote dan agen keynote yang mengakses website dan mengunduh halaman web dan menjalankan banyak transaksi web. Pusat operasi KITE berada di San Mateo di Calfornia dan Plano di Texas. Pusat operasi KITE mendukung pengukuran data dan menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar serta mengatur dan menganalisa jumlah data yang sangat besar dari komputer-komputer tersebut.

Gambar 2. Infrastruktur jaringan keynote
5. TUTORIAL KITE
Cara menggunakan KITE terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama adalah mengunduh software KITE dari url http://kite.keynote.com/download-center.php, dan tahap kedua adalah memasang KITE pada computer, serta tahap ketiga adalah melakukan registrasi.
Untuk melakukan pengujian dan pengukuran transaksi web serta kinerja aplikasi web dengan KITE dapat dilakukan dengan beberapa cara dan disini kami hanya menjalankan pengujian dan pengukuran dengan cara instant test disebabkan karena cara tersebut bebas biaya (free). Pengujian melalui jaringan global KITE dan salah satu manfaatnya adalah memberikan kita keuntungan dari sisi user experience yang terjadi di jaringan luar.
Keuntungan utama pengukuran dan pengujian dari jaringan global Keynote adalah kita dapat melihat dan mengamati dengan jelas pada jarak yang jauh (visibilitas) pengalaman pengguna yang terjadi di luar jaringan lokal. Dengan semua ini, kami dapat mengukur setiap transaksi yang terjadi, memperoleh cukup data untuk dianalisa di setiap jaringan global Keynote yang berbeda.
Hal yang pertama kali kami lakukan adalah melakukan pengujian dari jaringan global keynote. Langkah – langkah tersebut adalah :
1. Jalankan program KITE dari menu start  keynote system  keynote internet testing environment.
2. masukan email yang telah didaftarkan ke situs keynote,  masukan email  masukan password.
3. Click tombol PUSH TO START untuk menjalankan pengujian halaman di MyKeynote, dari sini kami dapat menjalankan instant test pada url yang hendak dituju.
Pada Gambar 3 ditunjukan screenshot dari cara menjalankan pengujian dari jaringan global keynote.


Gambar 3. Langkah pengujian dengan instant test dan hasilnya
Dashboard yang berada di pojok kanan atas dari hasil instant tes dapat digunakan untuk melihat bentuk dari type graphs, menampilkan hasil secara detail bahkan membagi hasil melalui Digg, Twitter, Facebook, Windows live dan Yahoo Myweb.


6. Studi Kasus
Situs web yang pertama kali akan diuji dan diukur transaksi web, serta kinerja aplikasi web adalah situs web http://www.kafegaul.com yang merupakan situs web forum. Sebuah situs web forum merupakan sumber informasi yang terus-menerus diperbaharui (Kiki dan Cristine, 2004).. Langkah pertama yang kami lakukan adalah melakukan pengujian kinerja web dengan melakukan instant test dari jaringan global KITE. Hasil dari instant test tersebut bisa dilihat pada Gambar 4 di bawah ini:


Gambar 4. hasil tampilan graphs dan tabel situs www.kafegaul.com
Dari Gambar 4 diatas didapatkan bahwa jumlah transaksi web pada situs web http://www.kafegaul.com, yang diujicobakan melalui instant test diperoleh data sebagai berikut :
Kota Frankurt
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 3,257 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 3,125 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230.085 bytes.

Kota Hongkong
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 7,228 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 7,095 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230174 bytes.
Kota London
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 4,193 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 4,061 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230131 bytes.

Kota New York
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 2,603 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 2,469 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230129 bytes.

Kota San Fransisco
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 3,783 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 3,649 detik
3. menghasilkan content error yang tidak begitu banyak
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 230129 bytes.

Hasil keseluruhan yang ditampilkan oleh program KITE diatas menghasilkan status baik (good). Dengan demikian, situs web www.kafegaul.com adalah situs yang baik.
Situs kedua yang akan diuji dan diukur transaksi web serta kinerja aplikasi web adalah situs jejaring sosial. Menurut Larry Weber (2007) di dalam bukunya “Marketing to the Social Web: How Digital Customer Communities Build Your Business“, web sosial adalah tempat online di mana orang-orang umum dapat berkumpul untuk berbagi pemikiran, komentar dan pendapat; seperti, MySpace, Friendster, Facebook, Black Planet, eon, LinkedIn, dan lain-lain. Termasuk juga situs penjualan seperti Amazon, Netflix, dan eBay. Dan beberapa situs besar seperti IBM, Circuit City, Cisco, dan Oracle (Sheldrake 2008). Hal ini menjadikan bahwa situs jejaring sosial adalah tempat pertama pada saat pertama kali kita membutuhkan berita, informasi, hiburan dan lain-lain. Situs web yang akan kami uji kali ini adalah http://www.kaskus.us yang merupakan situs jejaring sosial yang memiliki lalu lintas data yang cukup padat di Indonesia. Hal pertama adalah melakukan instant test dari jaringan global KITE, hasil dari test instant tersebut bisa dilihat pada Gambar 5 dibawah ini:

Gambar 5. Hasil tampilan graphs dan tabel situs www.kaskus.us
Dari Gambar 5 diatas didapatkan bahwa jumlah transaksi web pada situs web http://www.kaskus.us yang diujicobakan melalui instant test didapatkan data sebagai berikut :
Kota Frankurt
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 11,363 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 11,322 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 482167 bytes.
Kota Hongkong
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 4,599 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 4,524 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 452907 bytes.

Kota London
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 13,942 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 13,906 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 537545 bytes.

Kota New York
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 12,421 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 12,2 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 477397 bytes.
Kota San Fransisco
1. menghasilkan waktu pengalaman pengguna (user experience time) yang cukup baik yaitu 17,803 detik.
2. menghasilkan network time yang cukup baik yaitu 17,767 detik.
3. tidak menghasilkan content error.
4. jumlah Byte yang didownload pada saat terjadi transaksi web adalah 442072 bytes.

Hasil keseluruhan yang ditampilkan oleh program KITE diatas menghasilkan status baik (good). Dengan demikian, situs web www.kaskus.us adalah situs yang baik.
Hasil pengukuran dan pengujian kinerja situs web www.kafegaul.com dengan cara instant test ditampilkan secara detil sebagai berikut :

Gambar 6. hasil kesimpulan instant test detil situs web www.kafegaul.com

Dari Gambar 6 di atas kita bisa melihat beberapa komponent jaringan (network component) yang dijadikan tolak ukur (parameter) oleh KITE dalam melakukan pengujian dan pengukuran situs web www.kafegaul.com dari beberapa kota yang menjadi agent Keynote diantaranya adalah :
1. waktu DNS lookup yang cepat < 0,1 detik. 2. waktu initial koneksi yang cepat < 0,3 detik. 3. waktu request time, sekitar 0,000 detik. 4. waktu first byte downloaded < 0,3 detik. 5. waktu base page download < 1 detik. 6. waktu client time < 0,1 detik. 7. waktu content download < 6 detik. Hasil keseluruhan tolak ukur (parameter) di atas digabungkan menjadi satu bagian network time dari beberapa agent Keynote menghasilkan waktu < 8 detik untuk satu aksi. Waktu pengalaman pengguna (user experience time) dari beberapa agent Keynote menghasilkan waktu < 8 detik untuk satu aksi, jumlah byte yang diunduh untuk 1 aksi dari beberapa agent Keynote adalah sekitar 231.000 byte. Dengan angka-angka di atas, kami dapat menyimpulkan bahwa situs web www.indonesia-tourism.com adalah situs yang baik. Pada Gambar 4 dapat kita lihat juga bahwa status yang ditampilkan KITE untuk situs www.kafegaul.com adalah baik. Hasil pengukuran dan pengujian kinerja situs web www.kaskus.us dengan cara instant test ditampilkan secara detil sebagai berikut : Gambar 7. hasil kesimpulan instant test detil situs web www.kaskus.us Dari Gambar 7 di atas kita bisa melihat beberapa komponen jaringan (network component) yang dijadikan tolak ukur (parameter) oleh KITE dalam melakukan pengujian dan pengukuran situs web www.kaskus.us dari beberapa kota yang menjadi agent Keynote diantaranya adalah : 1. waktu DNS lookup yang cepat < 0,1 detik. 2. waktu initial koneksi yang cepat < 0,3 detik. 3. waktu request time, sekitar 0,000 detik. 4. waktu first byte downloaded < 0,5 detik. 5. waktu base page download < 1 detik. 6. waktu client time < 0,1 detik. 7. waktu content download < 17 detik. Hasil keseluruhan tolak ukur (parameter) diatas digabungkan menjadi satu bagian network time dari beberapa agent Keynote menghasilkan waktu < 18 detik untuk satu aksi. Waktu pengalaman pengguna (user experience time) dari beberapa agent Keynote menghasilkan waktu < 18 detik untuk satu aksi, jumlah byte yang diunduh untuk 1 aksi dari beberapa agent Keynote sekitar 550.000 byte. Dengan angka-angka di atas, kami dapat menyimpulkan bahwa situs web www.kaskus.us adalah situs yang baik. Pada Gambar 4 dapat kita lihat juga bahwa status yang ditampilkan KITE untuk situs web www.kaskus.us adalah bagus. 7. Kesimpulan Dalam menguji dan mengukur kinerja situs web, beberapa diantaranya ditentukan oleh dua faktor yaitu : komponen pengalaman pengguna atau user experience component yang memberikan gambaran tentang pengalaman user dalam berinteraksi dengan halaman web atau web page, juga ditentukan oleh komponen jaringan atau component network yang memberikan gambaran tentang bagaimana mengukur secara akurat interaksi antara browser dan software komunikasi jaringan. Daftar Pusaka 1. Federal Network Council 1995, Definition of “Internet”, diakses tanggal 10 Juni 2010. 2. Kuswayanto, 2006, Mahir dan Terampil Berkomputer, Grafindo, Bandung. 3. Merriam –Webster Online Dictionary 2010, website, diakses tanggal 10 Juni 2010, .

4. Urle Andoy, Advantages of Having a Website, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
5. Peterson T Eric, 2005, Web Site Measurement Hacks, first edition, O‟Reilly, 1005 Gravenstein Highway North, Sebastopol, CA 95472.
6. Keynote System. Inc, what is web performance, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
7. keynote system. Inc, abouttxn4components, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
8. A Dictionary of the Internet 2001, Internet Agent, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
9. Keynote System. Inc, faq, diakses tanggal 10 Juni 2010, .
10. Kaplanidou, K & Vogt, C 2004, „Web site Evaluation : terminology and measurement‟, paper ini hasil kolaborasi antara Travel Michigan dan Michigan State University, Departement of Community, Agriculture, Recreation, Resource Studies.
11. Sheldrake P, 2008, The Social Web Analytics eBook 2008, diakses 23 Mei 2010, .
12. Sevcik, Wetzel 2008, 3 Free Web Measurement Tools Debut at Velocity Conference, diakses 14 Juni 2010, .
13. Webber, Larry, 2007, Marketing to the Social Web: How Digital Customer Communities Build Your Business, John Wiley and Sons, New Jersey, USA.