Jumat, 25 Maret 2011

Depresi Picu Gagal Ginjal


Jangan pernah membiarkan diri larut dalam depresi, hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Jurnal Kesehatan Penyakit Neprologi (CJASN) Amerika Serikat , menyebutkan bahwa depresi memiliki hubungan dengan potensi terkena gagal ginjal.
Penelitian dilakukan oleh dokter Willem kop berserta  rekan-rekanyadari departemen kesehatan psikologi dan neuropsikologi di universitas tilbung, Belanda. Mereka melibatkan  5.785 berusia 65 tahun keatas selama 10 tahun.
Semua partisipan diwajibkan menjawab pertanyaan mengenai kegiatan sehari-hari dan kadar depresi mereka. Tahap ini dilakukan dengan menggunakan pertanyaan tingkat pengukur depresi dan sebuah pengukur tingkat pengukur terapi pengobatan yang  harus dilakukan , termasuk tingkat filtrasi glomerular(eGFR) dan factor resiko gagal ginjal. Hasilnya selain bias memicu penyakit ginjal kronis akut depresi juga bias menimbulkan gagal ginjal kronis. Menurut peneliti depresi mengurangi fungsi ginjal hinga menyebabkan fungsi ginjal tidak berfungsi total.
Orang dengan gejala depresi tinggi memiliki resiko lebih besar menderita penyakit ginjal. Hal I ni sebagian disebabkan oleh factor medis lain yang berkaitan dengan penyakit depresi dan ginjal. Tapi hubungan dengan depresi lebih kuat pada pasien yang sehat dibandingkan dengan mereka yang telah menderita gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes atau jantung. 

0 komentar:

Posting Komentar