Jumat, 25 Maret 2011

Jambu Mete Musuh Sembelit


Jambu mete alias jambu monyet member kesegaran tersendiri saat disantap. Selain itu dikenal mempunyai beberapa manfaat dan khasiat kesehatan.
Kulit batang tanaman jambu monyet misalnya, dapat membantu melawan sering buang air kecil, sembelit, sariawan dan jerawat. Cara pemakaian jika digunakansebagai  ramuan yang diminum , yakni cukup merebus 10-20 gram kulit kayu. Setelah mendidih segera daingkat, disaring dan airnya  hasil rebusan diminum setelah dingin / hangat.
Bagian lain yang bisa digunakan , yakni daun mudanya antara lain untuk mengobati hipertensi( tekanan darah tinggi), diabetes mellitus (kencing manis), malaria, reumatik, dan sariawan. Selain itu bijinya antara lain bisa digunakan sebagai obat radang pada mulut rahim, sakit gigi, radang gusi dan terkena gigitan ular berbisa.
Adapun cirri tanaman tersebut , seperti batang pohonnya tidak rata, berwarna coklat tua dan berdaun lembaga dua (dikotil).  Daunnya bertangkai pendek dan lonjong. Bunganya berwarna putih dan buah yang sebenarnya merupakan biji berbentuk seperti ginjal.

0 komentar:

Posting Komentar