Jumat, 25 Maret 2011

Khasiat Daun Jambu



Pohon jambu biji ternyata memiliki banyak manfaat. Bukan sekedar buahnya saja yang segar dan mampu dijadikan sebagai sarana pengobatan. Namun daun jambu biji demikian pula manjur untuk mencegah sekaligus mengobati beragam jenis penyakit yang sedang menyerang atau diderita seseorang. Penyakit yang dapat diobati dengan daun jambu biji diantaranya diabetes mellitus , maag , diare, masuk angin, beser, prolapsisani, sariawan sakit kulit, dan luka baru.
Untuk diabetes mellitus , langkah yang dapat dilakukan adalah menyediakan satu buah jambu biji setengah matang. Cara membuat buah jambu biji dibelah menjadi 4 bagian  dan direbus dengan satu liter air sampai mendidih , kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
Untuk mengobati sakit maag, bahannya 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuatnya adalah daun jambu direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum 3x sehari pagi, siang dan sore hari. Sedangkan untuk dipergunakan mengobati diare yaitu ambil lima lembar daun jambu biji, satu potong akar , kulit dan batangnya semuanya direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Selanjutnya diminum 2x sehari pagi dan sore hari.
Sementara dimanfaatkan untuk mengobati beser atau sering kencing ambil satu genggam daun jambu biji yang masih muda , 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak. Cara membuatnya adalah kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas kemudian disaring, lalu diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan . dan sakit sariawan terbukti juga dapat diobati daun jambu biji ini caranya cuku mudah yaitu dengan mengambil satu genggam daun jambu biji, satu potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat : direbus bersama dengan dua gelas air sampai mendidih , kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum 2x sehari.
Selain itu, daun jambu biji ini jarang diketahui masyarakat, jika terbukti manjur digunakan mengobati sakit kulit. Caranya ambil satu genggam daun jambu biji yang masih muda, tujuh kuntum bunga jambu biji. Bahan tersebut di tumbuk bersama-sama sampai halus kemudian digunakan untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

0 komentar:

Posting Komentar